enjoy here

enjoy here

Senin, 03 April 2017

Biografi, Hal - Hal Menarik dan refleksi dari kelas Affandi Koesoema

Biografi Affandi Koesoema
Affandi Koesoema lahir di Cirebon Jawa Barat tahun 1907 adalah seorang Maestro Seni Lukis yang pernah dimiliki oleh Indonesia dengan gaya abstrak dan romantismenya. Seumur hidupnya ia talah menghasilkan 2000 karya lukis yang telah dipamerkan di beberapa negara Eropa dan Asia. Ayahnya R. Koesoema adalah seorang mantri ukur di sebuah pabrik gula di Ciledug, Cirebon. Ia sekolah di beberapa perguruan tinggi yang ada di negara Belanda pada masa kolonialisme.
Sebelum menjadi seorang pelukis, ia pernah menjadi seorang guru,tukang sobek karcis, dan pembuat gambar reklame di sebuah bioskop ternama di Bandung. Pada umur 26 tahun ia mnikahi seorang gadis dari Bogor yang bernama Maryati, dan mereka dikaruniai seorang putri yang dinamai Kartika Affandi.
Affandi tergabung dan sekaligus menjadi pimpinan di dalam kelomppok Lima Pelukis Bandung. Kelomppok ini memiliki andil yang cukup besar dalam perkembangan seni rupa di Indonseia. Pada tahun 1943 ia mengadakan pameran lukis yang pertama kalinya di Gedung Poetra Djakarta yang pada saat itu sedang berlangsung pnjajahan Jepang.
Berkat kemampuan melukisnya yang bagus, ia mendapatkan beasiswa untuk masuk ke perguruan tinggi di Santiniketan, India. Namun, ia ditolak di perguruan tinggi tersebut, karena dinilai sudah tidak perlu mendapat pendidikan lagi di bidang seni lukis. Akhirnya ia menggunakan beasiswanya itu untuk mengadakan pameran kelling India.
Pada tahun 1950-an ia dicalonkan oleh PKI untuk mewakili rakyat yang tidak beraprtai dalam pemilihan Konstituante. Hal yang ia bahas adalah perikebinatangan, karena ia seorang pelukis yang dekat dengan flora, fauna, dan lingkungan. Affandi juga termasuk pimpinan pusat Lekra (Lembaga Kebudayaan Rakyat), organisasi kebudayaan terbesar yang dibubarkan oleh rezim Suharto. Ia juga bagian dari Lembaga Seni Rupa.
Pada tahun 1960-an di Viietnam pada saat gerakan anti imperialis AS, Affandi mendapat undangan untuk pameran di gedung USIS Jakarta. Dan Affandi pun, mengadakan pameran di sana.
•    Keteladanan tokoh
Affandi memiliki sikap yang peduli terhadap flora, fauna, dan lingkungannya.
•    Hal-hal menarik
Selama hidupnya ia menghasilkan kurang lebih 2000 karya lukis yang sampai saat ini masih dapat dilihat.
Affandi menerima pendidikan formal yang cukup tinggi, ia bersekolah diHollandsch Inlandsche School (HIS), Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO), dan Algemeene Middelbare School (AMS) merupakan sekolah yang tinggi pada masa kolonial Belanda.
Berkat bakat melukisnya yang bagus, Affandi mendapatkan beasiswa kuliah pada jurusan melukis di Santiniketan, India.Berkat bakat melukisnya yang bagus, Affandi mendapatkan beasiswa kuliah pada jurusan melukis di Santiniketan, India.
pada tahun 1950-an, Affandi dicalonkan oleh PKI untuk mewakili orang-orang yang tidak berpartai dalam pemilihan Konstituante. pada tahun 1950-an, Affandi dicalonkan oleh PKI untuk mewakili orang-orang yang tidak berpartai dalam pemilihan Konstituante.
•    Kesamaan dengan tokoh lain
Memiliki kesamaan dalam hal berseni lukis dengan W.S. Rendra.
•    Kesamaan dengan diri sendiri
Affandi memiliki kesamaan dengan saya dalam hal kemampuan menggambar yang baik.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment Here :)