enjoy here

enjoy here

Senin, 03 April 2017

Biografi, Hal - Hal yang Menarik dan Refleksi terhadap Toeti Heraty

BIOGRAFI TOKOH INDONESIA
TOETI HERATY

Toeti Heraty merupakan seorang penyair wanita Indonesia, kelahiran 27 November 1993 di Bandung – Jawa Barat. Ayah beliau seorang penulis Indonesia yang bernama Dr. Roosseno Soerjoahadikoesoemo dan ibunya bernama RA Oentari. Dengan memiliki lima adik kandung : Radiastuti M.Roosseno (1935), Hannyoto Roosseno (1937), Cometa Roosseno (1938), Amalia Roosseno (1940), Damayanti Roosseno
    Beliau lulusan Sarjana Muda Kedokteran dari Universitas Indonesia, Sarjana Psikologi dari Universitas Indonesia, dan pada tahun 1974 menjadi Sarjana Filsafat dari Rijk Universitas, Leiden , Belanda. Selanjutnya dia lulus sebagai Doktor Filsafat dari Universitas Indonesia.
    Ia pernah mengajar di Fakultas Psikologi di universitas Padjajaran, Bandung. Serta ia juga menjadi Ketua Jurusan Filsafat Fakultas Sastra di Universitas Indonesia, Ketua Program Pascasarjana Bidang Studi Filsafat Indonesia di Universitas Indonesia, Rektor Institut Kesenian Jakarta, dan Direktur Biro Oktroi Roosseno. Pada tahun 1994, dia diresmikan sebagai Guru Besar Luar Biasa pada Fakultas Sastra Universitas Indonesia. Tahun 1968-1971, Toety menjandi anggota Dewan Kesenian Jakarta dan diangkat menjadi Dewan Kesenian Jakarta pada tahun 1982-1985.
    Toeti Heraty termasuk tokoh yang aktif mengikuti festival internasional, diantaranya : Festival Penyair Internasional di Rotterdam (1981), Internasional Writing Program di Universitas Iowa, Iowa City (1984) dan festival lainnya. Karya puisinya tealah diterjemahkan kebeberapa bahasa yaitu : Belanda, Inggris, Prancis, dan Jerman.
    Penyair Wanita ini dijuluki sebagai “Satu-satunya Wanita diantara Penyair Kontemporer Terkemuka di Indonesia”. Tipe puisi karyanya penuh intrik dan ambiguitas yang menjadi ciri khasnya, juga disertai dengan gaya pengimajiannya yang menarik. Tema yang suka diangkatnya mengenai ironi Wanita Indonesia, sehingga ia pun menjadi salah satu Feminist yang memperjuangkan hak Wanita, dengan membuat Jurnal Wanita ( majalah yang mengangkut isu-isu pentin tentang wanita) dan mengabdikan dirinya kepada organisasi non-pemerintahan “Suara Dari Ibu”.
B.    Hal-hal yang Menarik dari Tokoh
1.    Penyair Wanita yang diakui karya-karyanya serta dijuluki sebagai “Satu-satunya Wanita diantara Penyair Kontemporer Terkemuka di Indonesia” yang digelari oleh A. Teeuw (Kritikus Sastra asal Belanda)
2.    Suka mengoleksi karya-karya lukisan di rumahnya daerah Menteng-Jakarta dan menjadikannya gallery Lukisan, dari karya : Affandi dan para pelukis Indonesia lainnya.
3.    Banyak karya-karyanya di terjemahkan dalam bahasa asing
4.     Gaya tulisan puisinya penuh hal-hal yang unik untuk dikaji
5.    Beliau suka mengikuti Festival-festival mengenai kesusastraan baik di luar dan di dalam negeri
6.    Ketertarikannya pada ironi kehidupan wanita-wanita yang di buat menjadi karya-karya puisi
7.    Kepedulian pada wanita –wanita
C.    Teladan-teladan dari Tokoh

1.    Berkat usaha dan kegigihannya, Ia menjadi Penyair Wanita Indonesia yang diakui
2.    Jenjang pendidikan Beliau yang tinggi
3.     Mampu menjabat posisi penting di Universitas dan di suatu Organisasi
4.    Karya-karyanya dikenal dan diakui oleh masyarakat Internasional
5.    Menciptakan dan mengabdikan diri pada kegiatan/organisasi yang peduli pada masalah-masalah yang dihadapi oleh para wanita (Jurnal Wanita dan Suara Ibu)
6.    Kreativitasnya dlam membuat karya

D.    Refleksi tokoh pada Kehidupan Pribadi Penulis

Toety Heraty merupakan salah satu tokoh yang menginspirasi saya dalam berkarya, sebab dalam berkarya saya pun suka mengangkat tema kepedulian baik kepada wanita dan sosial, menggunakan pengimajian yang berbeda dari umumnya, serta menggunakan pola ambiguitas pada berkarya dengan maksud menggambarkan isi atau kode tertentu dalam tiap karya saya. Dalam hal cita-cita saya pun berharap dapat meraih pendidikan yang sebaik-baiknya seperti beliau, juga dapat aktif dan diakui pada dunia kesusastraan internasional dan nasional, serta dapat membuat lembaga sosial kemanusiaan sendiri.
Tokoh Toeti Heraty dapat disandingkan dengan para penyair kontemporer Indonesia lainnya dari tahun anggkatan 66.

Nama     : Al Yaumal Yaumul M
Kelas     : XI IPA 4
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment Here :)