enjoy here

enjoy here

Sabtu, 09 September 2017

WARNA WARNI CIANJUR JAGO


Halo semuanyaaaaa!
Ini adalah Karya Tulisku untuk tugas MPKMB IPB 54.

WARNA WARNI CIANJUR JAGO
            Cianjur, kota dimana aku dilahirkan dengan normal dalam keadaan sehat wal'afiat 17 tahun lalu oleh ibuku. Namaku Siti Nadia Nurul Azizah, biasanya teman-temanku memanggilku nadia atau sekedar nat agar lebih singkat dan ringan. Aku asli orang Cianjur, seperti kataku tadi aku lahir di Cianjur dan ibu juga bapakku asli orang Cianjur jadi bisa dikatakan aku produk Cianjur tulen. Oleh karena itu, aku cinta Cianjur dan semua yang ada didalamnya. Dari mulai suasana sosialnya, makanan khasnya, penampakan geografis alamnya, sampai budaya-budaya asli Cianjur yang sangat beragam.
            Aku tinggal di Cianjur bagian utara, sekitar Cipanas. Kamu tahu kan Cipanas ? yang ada Istana Kepresidenan RI-nya. Disini udaranya sejuk, udaranya sarat oksigen apalagi ketika jalan-jalan dipagi hari.  Ditempatku tinggal masih banyak pepohonan di setiap pinggir jalan di jalan raya. Masih banyak juga persawahan, yang kalau dilihat dari atas bukit warna warna sawahnya seperti kue lapis. Aku sangat merasa beruntung karena tinggal disini.  Orang yang tinggal disini juga tidak hanya dari suku sunda, ada banyak dari suku Jawa, Batak, Betawi, Padang. Juga berbagai agama yang dipeluk. Entah karena suasana yang sejuk dan adem ayem sikap orang orang disekitarku juga ramah dan se-adem ayem udaranya. Dan juga, setahuku disekitar tempat tinggalku jarang terjadi tindak kriminal dan tindak kejahatan antar warganya. Ini menunjukkan bahwa kesadaran hukum dan toleransi masyarakatnya cukup tinggi.
            Selain suasana sosial yang rukun, ada hal lain yang ingin aku bagikan. Makanan khas disini juga tak kalah populer dari makanan makanan modern. Kalian pasti tak asing lagi dengan seblak, olahan kerupuk basah itu kini sangat populer dan diminati berbagai kalangan usia, tak pandang bulu mau itu anak kecil, remaja, orang dewasa sampai lansia menyukai seblak. Warung seblak favoritku juga favorit orang orang yang bertempat tinggal di Cipanas yaitu warung seblak "Mama Nita". Untuk kalian yang berkunjung ke Cipanas jangan sampai melewatkan warung Mama Nita ya, lokasinya dekat SMPN 1 Cipanas.
            Yang menarik dari daerah tempat tinggalku masih banyak, selain suasana sosial dan makanan ada juga wisata yang selalu menarik perhatian pengunjung lokal bahkan sampai manca negara, yaitu Taman Bunga Nusantara. Kalau Taman yang ada di depan-depan rumah itu sih biasa saja, kalau ini sangat berbeda dan tidak ada duanya. Pemandangannya sangatlah indah dan kreatif. Berbagai macam bunga dan tetumbuhan dibentuk menjadi patung patung raksasa. Ada yang berbentuk Angsa, Kelinci, Jerapah, dan lain-lain. Luasnya sekitar 35 hektar, dan didalamnya sangat hijau oleh daun dan rumput dan berwarna warni oleh berbagai macam bunga. Ketika dulu, aku cukup kecil untuk berguling-guling diatas  hamparan rumput yang terlihat seperti karpet, dan berfoto ria didepan patung patung bunga itu. Sekarang juga banyak orang dewasa yang melakukannya, tapi kadar euphorianya dikurangi tentu saja. Jenis tetumbuhan yang ada di Taman Bunga Nusantara sangat bervariasi, sehingga mata akan terasa dimanjakan ketika melihatnya.
            Terakhir, budaya yang paling terkenal di Cianjur yang selalu ditampilkan ketika Helaran Budaya Cianjur Jago yaitu Kuda Kosong. Kuda Kosong adalah atraksi kuda tanpa penunggang yang biasanya fisik kudanya sendiri gagah, tinggi, besar berwarna hitam.  Kuda Kosong ini biasanya digiring oleh Ulama, hulu balang dan para jawara. Mitos dari kuda kosong sendiri adalah penggambaran perjalanan panjang Raden Aria Kidul dari Kesultanan Mataram sampai ke Cianjur, Raden Aria Kidul sendiri tidak menunggangi kudanya karena ia merasa yang berhak menunggangi kudanya adalah kakak nya yaitu Raden Aria Wiratanu II yang merupakan Bupati Cianjur pertama.
Ya walau aku menganggap itu semua hanya mitos, tapi budaya tetaplah budaya yang harus dilestarikan dan dijaga agar tidak dijiplak oleh orang lain. Aku mencintai tempat tinggalku, begitu juga kamu harus mencintai tempat tinggalmu.

NAMA : SITI NADIA NURUL AZIZAH
NAMA PENA : NITRONAT (n! re: en faktorial)
NIM : G24170083
Bio Deskripsi singkat : Seperti yang sudah dijelaskan diparagraf pembuka diatas, aku Nadia lahir di Cianjur tepat pada tanggal 19 November 1999 dimana sekarang aku berusia sekitar 17 tahun.
 Aku tidak terlalu pandai menulis, tapi aku sangat menyukai novel novel fiksi karya Jostein Gaarder juga novel novel Sherlock Holmes. Aku juga senang menonton film dengan genre Sci-Fi dan menonton Vlog mahasiswa Indonesia yang berkuliah diluar negeri.
Yang paling aku suka adalah memandang langit malam, apalagi ketika jernih tak ada kabut sehingga bintang bintang terlihat jelas bertaburan di atas sana. Aku menyukai astronomi, aku juga pernah mengikuti olimpiadenya (walaupun tidak sampai tahap nasional, tetap saja aku bangga karena aku suka).
Aku pribadi yang mudah bergaul, bukannya untuk cari muka tapi untuk benar benar mencari teman baru karena banyak teman bearti banyak jalan untuk membuka rezeki juga. Yah, kurang lebih ini bio deskripsi singkatku. Dan poinu utamanya, semoga pembaca menyukai karya tulisku.


           

           
 
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment Here :)