enjoy here

enjoy here

Kamis, 13 April 2017

Biografi, Hal - Hal yang Menarik dan Refleksi terhadap Muhammad Toha



Biografi Muhammad Toha

    Toha dilahirkan di jalan banceuy, desa suniaraja, kota bandungpada tahun 1927. Ayahnya bernama suganda danibunya yang berasal dari kedunghalang, bogor utara, bogor, bernama nariah. Toha menjadi anak yatim ketika pada tahun 1929 ayahnya meninggal dunia.ibu nariah kemudian menikah kembali dengan sugandi,adik ayah toha,namun tidak lama kemudian,keduanya bercerai dan muhammad toha diambil oleh kakek dan neneknya dari pihak ayah yaitu bapak jahiri dan ibu oneng. Toha mulai masuk valk school(sekolah rakyat) pada usia 7 tahun hingga kelas4. Sekolahnya terhenti ketikaperang dunia II pecah.
    Saat masa pendudukan jepang, toha mulai mengenal dunia  militer dengan memasuki seinendan. Sehari-hari toha juga membantu kakeknya di Biro Sunda, kemudian bekerja dibengkel motor di Cikudapateuh. Selanjutnya,toha menjadi montir mobil dan bekerja di  benggkel kendaraan  militer Jepang sehingga  ia juga mampu bercakap dalam bahasa jepang.
    Setelah indonesia merdeka. Toha terpanggil untuk tergabung dengan badan perjuangan barisan rakyat indonesia(BRI). Yang dipimpin oleh ben alamsyah, paman toha sendiri, BRI selanjutnya digabungkan dengan barisan pelopor yang dipimpin oleh anwar sutan pamuncak menjadi menjadi barisan banteng republik indonesia (BBRI). Dalam laskar ini ia duduk sebagai komandan seksi I bagian penggempur, menurut keteranan ben alamsyah , paman toha, dan rachmat sulaeman , tetangga toha dan juga komandannya di BBRI, pemuda  toha adalah pemuda yang cerdas, patuh kepada orang tua, memiliki disiplin yang kuat serta disukai oleh teman-temannya. Pada  tahun 1945 itu, toha digambarkan sebagai pemuda yang pemberani dengan tinggi badan 165 cm, bermuka lonjong dengan pancaran mata yang tajam.
•    Hal-hal yang menarik dari seorang muhammad Toha :
1.    Pemberani
2.    Cerdas
3.    tangguh
4.    Disukai oleh teman-teman
•    Hal-hal yang dapat diteladani :
1.    Keberanianya
2.    patuh kepada orang tua
3.    kecerdasannya
4.    kerelaannya dalam membela  banggsa indonesia



•    reflesi :
muhammad toha sebagai pahlawan indonesia tidak memiliki kesamaan sifat ataupun sikap dengan saya, hanya saja setelah mengetahui biografi beliau saya semakin terinspirasi untuk memiliki keprpibadian yang sama dengannya dan lebih semangat dalam membela banggsa indonesia.

Nama    : Dandi Gunawan
Kelas     : XII IPA 4
No. Absen 13
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment Here :)