enjoy here

enjoy here

Kamis, 13 April 2017

Biografi, Hal - Hal yang Menarik dan Refleksi terhadap H. Habiburrahman El Shirazy





Biografi H. Habiburrahman El Shirazy
Habiburrahman El Shirazy, Lc. Pg.D. adalah Novelis No. 1 Indonesia (dinobatkan oleh INSANI UNDIP AWARD pada tahun 2008), lahir di Semarang,Jawa Tengah30 September 1976; umur 39 tahun. Selain novelis, sarjanaUniversitas Al-AzharKairoMesir ini juga dikenal sebagai sutradara, dai, penyair, sastrawan, pimpinan pesantren, dan penceramah. Kang Abik itulah panggilan yang disebut oleh adik-adiknya,yaitu Ahmad Mujib El Shirazy dan Ali Imron El Shirazy. Kang Abik mempunya istri yang bernama Muyasaratun Sa’idah, yang di karunai dua anak yaitu Muhammad Ziaul Kautsar dan Muhammad Neil Author. Karya-karyanya banyak diminati tak hanya di Indonesia, tapi juga di mancanegara sepertiMalaysiaSingapuraBruneiHongkongTaiwanAustralia, dan Komunitas Muslim di Amerika Serikat. Karya-karya fiksinya dinilai dapat membangun jiwa dan menumbuhkan semangat berprestasi pembaca. Di antara karya-karyanya yang telah beredar di pasaran adalah Ayat-Ayat Cinta (telah dibuat versi filmnya, 2004), Di Atas Sajadah Cinta, Ketika Cinta Berbuah Surga,Pudarnya Pesona Cleopatra (2005),Ketika Cinta Bertasbih (2007), Ketika Cinta Bertasbih 2 (Desember, 2007)Dalam Mihrab Cinta (2007), Bumi Cinta, (2010) dan lain-lain.
Memulai pendidikan menengahnya di MTs Futuhiyyah 1 Mranggen sambil belajar kitab kuning di Pondok Pesantren Al Anwar, Mranggen, Demak di bawah asuhan K.H. Abdul Bashir Hamzah. Pada tahun 1992 ia merantau ke kota budayaSurakarta untuk belajar di Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK) Surakarta, lulus pada tahun 1995. Setelah itu melanjutkan pengembaraan intelektualnya ke Fakultas Ushuluddin, Jurusan Hadist Universitas Al-Azhar, Kairo dan selesai pada tahun 1999. Pada tahun 2001 lulus Postgraduate Diploma (Pg.D) S2 di The Institute for Islamic Studies di Kairo yang didirikan oleh Imam Al-Baiquri.
Sebelum pulang ke Indonesia, pada tahun 2002, ia diundang Dewan Bahasa dan Pustaka Malaysia selama lima hari (1-5 Oktober) untuk membacakan pusinya dalam momen Kuala Lumpur World Poetry Reading ke-9, bersama penyair-penyair negara lain. Puisinya dimuat dalam Antologi Puisi Dunia PPDKL (2002) dan Majalah Dewan Sastera (2002) yang diterbitkan oleh Dewan Bahasa dan Pustaka Malaysia dalam dua bahasa, Inggris dan Melayu. Bersama penyair negara lain, puisi kang Abik juga dimuat kembali dalam Imbauan PPDKL (1986-2002) yang diterbitkan oleh Dewan Bahasa dan Pustaka Malaysia (2004).





A.   Hal – Hal Menarik dalam Kehidupan H. Habiburrahman El Shirazy :

1)      Novelis nomor satu Indonesia (dinobatkan oleh INSANI UNDI AWARD tahun 2008)
2)      Melanjutkan pengembaraan intelektualnya ke Fakultas Ushuluddin, Jurusan Hadist Universitas Al-Azhar, Kiro, Mesir dan selesai tahun 1999.
3)      Pada tahun 2001 lulus Postgraduate Diploma (Pg.D) S2 di The Institute for Islamic Studies di Kairo yang didirikan oleh Imam Al-Baiquri.
4)      Pernah memimpin kelompok kajian MISYKATI (Majelis Intensif Yurisprudens dan Kajian Pengetahuan Islam) di Kairo (1996-1997).
5)      Pernah terpilih menjadi duta Indonesia untuk mengikuti "Perkemahan Pemuda Islam Internasional Kedua" yang diadakan oleh WAMY (The World Assembly of Moslem Youth) selama sepuluh hari di kota Ismailia, Mesir (Juli 1996).
6)      Pernah aktif di Mejelis Sinergi Kalam (Masika) ICMI Orsat Kairo (1998-2000).
7)      Pernah menjadi koordinator Islam ICMI Orsat Kairo selama dua periode (1998-2000 dan 2000-2002).
8)      Pernah dipercaya untuk duduk dalam Dewan Asaatidz Pesantren Virtual Nahdhatul Ulama yang berpusat di Kairo.
9)      Sempat memprakarsai berdirinya Forum Lingkar Pena (FLP) dan Komunitas Sastra Indonesia (KSI) di Kairo.
10)  Menjadi dosen Lembaga Pengajaran Bahasa Arab dan Islam Abu Bakar Ash Shiddiq UMS Surakarta.
11)  Meraih Juara I lomba baca puisi Arab tingkat Nasional yang diadakan oleh IMABA UGMYogjakarta (1994).
12)  Pernah meraih Juara II lomba menulis artikel se-MAN I Surakarta (1994).
13)  Pernah menjadi pemenang terbaik ke-5 dalam lomba KIR tingkat SLTA se-Jateng yang diadakan oleh Kanwil P dan K Jateng (1995) dengan judul tulisan, Analisis Dampak Film Laga Terhadap Kepribadian Remaja.
14)  Beberapa penghargaan bergengsi lain berhasil diraihnya antara lain, Pena Award 2005, The Most Favorite Book and Writer 2005 dan IBF Award 2006.
15)  Dari novelnya yang berjudul "Ayat-ayat Cinta" dia sudah memperoleh royalti lebih dari 1,5 Milyar, sedangkan dari buku-bukunya yang lain tidak kurang ratusan juta sudah dia kantongi
16)  Sebagai sutradara Kang Abik mengawali debutnya dengan film Dalam Mihrab Cinta yang diangkat dari novelnya dengan judul yang sama.
17)  Diundang Dewan Bahasa dan Pustaka Malaysia selama lima hari (1-5 Oktober) untuk membacakan pusinya dalam momen Kuala Lumpur World Poetry Reading ke-9, bersama penyair-penyair negara lain.

B.   Keteladanan H. Habiburrahman El Shirazy :

1)      Semua pekerjaannya dilakukan dengan disiplin dan tekun
2)      Sejak sekolah sudah sering mendapat penghargaan.
3)      Banyak membuat novel yang bernuansa agamis.
4)      Mendapat beasiswa ketika melanjutkan ke jenjang S2.
5)      Beliau sudah gemar membaca dan menulis sejak muda.
6)      Beliau dapat menulis beberapa novel dalam satu waktu.
7)      Dapat menerjemahkan buku dari bahasa Arab dan Inggris.
8)      Karya-karyanya sudah banyak dibuat dalam bentuk film.

C.   Refleksikan H. Habiburrahman El Shirazy dengan Diri Sendiri dan Tokoh Lain :

1)    Dengan Diri Sendiri
Kesamaan dengam diri sendiri, nyaris tidak ada kesamaan mungkin jauh sempurnaan beliau dibandingkan saya. Kesamaannya hanya gemar membaca, itupun jika saya moodnya bagus. Jadi tidak banyak kesamaan yang ditemukan dengan beliau.

2)    Dengan Tokoh Lain
Kesamaan tokoh H. Habiburrahman El Shirazy dengan tokoh Asma Nadiayaitu sama-sama novelis yang terkenal akan novel islaminya seperti karya-karyanya yang terkenal yaitu Assalamu’alaikum Beijing, Catatan Hati Bunda, Jilbab Traveler dan lain-lainnya. 



Nama     : Cipta Jati Mulia
Kelas     : XI IPA 4


Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment Here :)