enjoy here

enjoy here

Kamis, 13 April 2017

Biografi, Hal - Hal yang Menarik dan Refleksi terhadap Asma Nadia

Nama     : Siti Alma Safitri
Kelas     : XI IPA 4
No. Absen : 33
                        BIOGRAFI ASMA NADIA


Asma Nadia atau yang bernama asli Asmarani Rosalba ini adalah wanita yang berkarir sebagai penulis, ia lahir pada tanggal 26 Maret 1972 di Jakarta. Asma Nadia mulai tertarik pada dunia tulis menulis ketika dia mulai menciptakan lagu di Sekolah Dasar. Selebihnya, ia mulai aktif menulis cerpen, puisi, dan resensi di media sekolah. Ketika SMA, Dian sekolah di SMA 1 Budi Utomo Jakarta dan melanjutkan jenjang kuliahnya di Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor, tetapi ditengah kesibukan kuliahnya dia dilanda penyakit jadi mau tidak mau asma harus beristirahat dan tidak menamatkan kuliahnya.


Kisah Hidup Asma Nadia Si Penulis Hebat
Asma mempunyai pendirian yang kuat, lemah lembut dan sabar ini mempunyai keinginan untuk terus menjadi penulis, bahkan ketika ia masih sakit ia tetap semangat untuk menulis. Di samping semangatnya, dorongan semangat dari kerabat, keluarga dan orang orang yang menyayanginya juga selalu ia dapatkan, akibatnya dia semakin kuat untuk meneruskan cita-citanya sebagai seorang penulis. Asma aktif mengirimkan tulisan-tulisannya ke majalah-majalah Islam, selain menulis cerita cerita fiksi, Asma juga aktif menulis lirik lagu, dll. Sebagian hasil karyanya dapat di temukan di album Bestari I tahun 1996, Bestari II tahun 1997, dan Bestari III tahun 2003.

Asma Nadia adalah adik dari penulis Helvy Tiana Rosa, Asma juga mendapatkan beberapa penghargaan dan hadiah sastra, bahkan salah satu cerpen ciptaannya yang berjudul Imut Dan Koran Gondrong berhasil  mendapatkan juara 1 menulis Cerita Pendek Islami atau LMCPI di tingkat Nasional yakni yang diadakan oleh majalah Anninda tahun 1994 dan  1995. Pada tahun 2001 bukunya yang berjudul Rembulan Di Mata Ibu berhasil meraih adikarya dalam kategori buku remaja terbaik tahun 2001. Selain mendapatkan hadiah sastra, Asma juga mendapatkan penghargaan khusus dari adikarya IKAPI pada tahun 2002. Tahun 2003 Asma berhasil memenangkan kategori penulis fiksi remaja terbaik dari Mizan Award karena kedua cerpen asma berhasil masuk dalam antalogi kumpulan cerpen terbaik di majalah Anninda : Merajut Cahaya (Pustaka Anninda).

Tidak hanya mendapatkan hadiah dan penghargaan sastra hasil karya fiksinya, Asma  pernah mengikuti pertemuan sastrawan yang di adakan di Brunei Darussalam dan Workshop kepenulisan novel yang diadakan majelis sastra asia tenggara atau MASTERA. Sekarang, kesibukan Asma  selain menjadi seorang penulis fiksi dia juga mengomandani forum lingkar pena yaitu sebuah forum kepenulisan untuk para penulis-penulis muda yang berbakat yang anggotanya hampir ada di 25 Provinsi di Indonesia. Asma juga pandai menciptakan lirik lagu islami sekaligus menyanyikannya, dia juga sering menjadi pemandu acara pada beberapa acara yang bernuansa Islam.

Hal Yang Menarik dari Tokoh tersebut :
Penulis sekaligus motivator untuk banyak orang.
Hal Teladan dari Tokoh :
Selalu bekerja keras, rajin, penurut, istri yang sholehah.
Refleksikan dengan diri sendiri :
Sama – sama suka menulis
Refleksikan dengan tokoh lain (Asma Nadia) :
Seorang penulis yang sama –sama menjadi motivator untuk banyak orang.


Nama     : Siti Alma S
Kelas     : XI IPA 4


Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment Here :)